PERKEMBANGAN EKONOMI INDONESIA

 

Pendahuluan

    Dahulu indonesia pernah mengalami krisis ekonomi pada tahun 1997 sampai 1998. Banyak penyebab yang dikatakan menimbulkan krisis ekonomi pada waktu itun seperti stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek, telah menciptakan kondisi bagi “ketidakstabilan”.  banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia.perkembangan situasi politik telah makin menghangat akibat krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar dampak krisis ekonomi itu sendiri. Dan masih banyak lagi.

    Tetapi dengan seiring nya waktu negara indonesia semakin kesini semakin membaik ekonomi nya. Dalam perkembangan ekonomi indonesia sendiri banyak faktor yang mempengaruhi seperti kebijakan pemerintah tentang investasitarif dan ketentuan pajaksuku bunga pinjaman dan depositokondisi politik dan keamanan. Bahkan devisa devisa orang indonesia yang bekerja di luar seperti para TKI sangat lah besar dalam menyumbang untuk pertumbuhan dalam ekonomi indonesia sendiri dan masih banyak lagi.

 

    Bahkan indonesia dalam world bank memperkirakan, walaupun pertumbuhan ekonomi dunia cenderung melemah, ekonomi Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan masih tetap positif, utamanya bila mampu mempertahankan pertumbuhan investasi. Namun semua itu masih tidak bisa melepaskan masalah-masalah yang terjadi di dalam negeri seperti pengangguran  kemiskinan, sulitnya kesehatan, sulitnya pendidikan, keamanan dan sebagainya. Karena dalam sistem ekonomi indonesia seperti pemerintah atau para orang-orang bawahan nya masih belum banyak yang langsung turun untuk menangani masalah tersebut bahkan orang-orang masih menyempatkan mengambil kesempatan, seperti masih mengambil keuntungan, korupsi bahkan sampai menipu ada pembayaran-pembayaran yang pemerintah sendiri tidak memberi informasi secara lengkap atau terperinci agar masyarakat tahu bahwa semua yang mereka dapatkan hingga fasilitas-fasilitas yang penting dan sudah di tanggung pemerintah semuah gratis,namun masyarakat kurang informasi atau pemerintah kurang menginformasikan sehingga kedua pihak saling salah kiprah untuk hal tersebut.

 

Isi

 

    Indonesia menganut sistem ekonomi Demokrasi, maksudnya sistem ekonomi yang benar-benar berorientasi kepada kekuatan dan sekaligus kepentingan rakyat banyak.Secara normatif landasan idiil sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945.Namun banyak perubahan-perubahan sistem ekonomi yang di anut indonesia dari zaman ke zaman seiring pergantian presiden dalam memimpin negara indonesia seperti zaman orde baru dan orde lama. Bahkan dalam pertumbuhan ekonomi nya pun brbeda, seperti jaman  Orde Lama (1945-1966)Pada masa ini perekonomian berkembang kurang menggembirakan, sebagai dampak ketidakstabilan politik dan seringnya pergantian cabinet. Dan Masa Orde Baru (1966-1997)Menghadapi perekonomian yang sedemikian rupa, pemerintah peralihan menetapkan beberapa langkah perioritas kebijakan ekonomi sebagai berikut Memerangi inflasi, Mencukupkan stok cadangan bahan pangan terutama berasMerehabilitasi prasarana perekonomian, Meningkatkan ekspor, Menyediakan/menciptakan lapangan kerja,Mengundang kembali investor asing. Adapun zaman reformasi, reformasi ini perekonomian indonesia ditandai dengan krisis monoter yang berlanjut menjadi krisis ekonomi yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda kearah pemulihan. Walaupun ada pertumbuhan ekonomi sekitar 6% untuk tahun 1997 dan 5,5% untuk tahun 1998 dimana inflasi sudah duperhitungkan namun laju inflasi masih cukup tinggi yaitu sekitar 100%. Pada tahun 1998 hampir seluruh sector mengalami pertumbuhan negatif, hal ini berebeda dengan kondisi ekonomi tahun 1999.

 

Namun di tahun 2013 ini pertumbuhan ekonomi indonesia semakin menaik di lihat dari GDB dan GNP nya bahkan dari pendapatan nasional sampai pendapatan per kapita nya tinggi. Maka untuk sekarang banyak dampak positif nya yaitu kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran. Memungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri. Dan yang terakhir peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Penutup

 

Indonesia seharusnya dalam pembangunan ekonomi nya terencana dan tertata dengan baik sehingga tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup dan jangan lupa untk tetap mementingkan sektor pertanian jangan sampai ke sektor industri terus menerus sehingga tidak menghilangkan habitat hayati dan hewani.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s