MINGGU KE 2

PERTANYAAN :

  1. Buatlah dengan 1 contoh perusahaan nyata yang universal untuk dapat menjelaskan tujuan dari perusahaan?
  2. Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata?
  3. Terangkan dengan menggunakan 1 perusahaan nyata tentang pengaruh lingkungan intern (langsung) dan extern (tidak langsung)?

Jawaban Nomer 1 :

Tujuan Perusahaan PT. HITACHI

  • Tujuan Ekonomi:

    PT. HITACHI dalam bidang perekonomian bertujuan ingin mendapatkan keuntungan atau laba untuk menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan transformasi untuk menjadi perusahaan global nomer satu yang sebenarnya, dengan cara memegang janji para pemegang saham agar para pemegang saham dapat menginvestasikan secara optiomal dan percaya bahwa PT. HITACHI akan menjadi perusahaan yang kuat dalam perdagangan di Asia maupun Eropa dengan membuktikan mengadopsi model bisnis yang di dasarkan pada fasilitasi kolaborasi antara informasi, daya, serta industri listrik di tahapan awal serta pengembangan produk.

    Selain itu PT. HITACHI juga akan meningkatkan bisnis dimana di tempat yang telah menjadi pemimpin pasar, serta meningkatkan area dimana perusahaan ini telah menjadi pemimpin bagi kompetensi, inovasi, dan teknologi canggih. Perusahaan tersebut juga akan mengimplementasikan reformasi structural di seluruh grup PT. HITACHI.

    Pencarian sumber daya global dan juga kemampuan untuk memenuhi kebutuhan lokal di tiap Negara maupun daerah di pasar global, serta memaksimalkan kinerja pekerja yang merupakan komponen vital yang diperlukan untuk mengawali perusahaan ini di masa depan dan membantu transformasi PT. HITACHI menjadi perusaahaaan yang di akui secara global sejalan dengan perubahan bisnis serta ekonomi global, PT. HITACHI akan berjuang untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

 

  • Tujuan Sosial:

    PT. HITACHI dalam bidang sosial bertujuan untuk terus menggalakan kegiatan inisiatif bisnis inovasi sosial agar menjadi pemimpin bisnis global dalam infrastruktur sosial maju yang di dukung oleh teknologi dan sistem TI.

    PT. HITACHI juga akan berperan lebih proaktif dan menyediakan jendela yang lebih terbuka untuk menanggapi semua kebutuhan dan pertanyaan dari para pelanngan dan mitra Asia yang bertujuan untuk mewujudkan infrastruktur sosial yang maju dengan grup PT. HITACHI sebagai “satu HITACHI” untuk berkontribusi pada pasar di Asia.

    Karena itu PT. HITACHI berkomitmen untuk meneruskan upaya pertumbuhan di Asia khususnya Jepang dan Indonesia dengan mengembangkan solusi mutakhir demi mencapai daya saing. Perusahaan ini juga berencan untuk lebih menggunakan sumber daya yang lebih berorientasi pasar untuk memperdalam komunikasi dan hubungan dengan berbagai pasar dan industri yang terkait.

    Perusahaan ini berada dalam posisi yang mapan untuk memenuhi berbagai kebutuhan inovasi sosial karena memiliki orang-orang berbakat yang penuh didikasi. Yang intinya adalah memliki sebuah masyarakat yang di perkaya dengan ketersediaan informasi yang melimpah.

Jawaban Nomer 2 :

Perusahaan adalah sebuah organisasi, lembaga atau industri yang terlibat dalam kegiatan atau mengejar tujuan ekonomi atau komersial untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dari para konsumen.
Perusahaan merupakan organisasi bisnis
.

Contoh nya perusahaan yang nyata adalah perusahaan yang mengelola limbah industri (PT. APINDO KOTA SEMARANG) , dan dalam pendekatan bisnis nya yaitu melalui Pengelolaan limbah industri mempunyai implikasi yang luas berkaitan dengan bisnis. Pengelolaan lingkungan terkait erat dengan bisnis maupun perdagangan global. Sertifikasi Pengelolaan lingkungan terkait erat dengan bisnis maupun perdagangan global. Sertifikasi sistem manajemen lingkungan ISO 14001 merupakan salah satu aspek lingkungan dengan bisnis dan perdagangan global. Yaitu Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah

Keterkaitan pengelolaan lingkungan industri dengan bisnis semakin kuat. Banyak industri yang melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik karena dorongan bisnis, dan hal ini merupakan sesuatu yang positif bagi lingkungan. Pemakaian bahan berbahaya dan beracun baik pada proses maupun produk semakin mendapat tekanan dari konsumen. Ada beberapa kasus pembeli yang membatalkan permintaan akan produk industri hanya karena perusahaan tidak melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik.

Pemakaian pendekatan bisnis dengan konsep pengelolaan limbah industri yang beragam pada dasarnya mempunyai banyak kesamaan yaitu dimulai dari pencegahan, pengurangan, pakai ulang, daur ulang dan pungut ulang limbah. Jadi intinya adalah semua aspek selain lingkungan di dalam perusahaan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis perusahaan tersebut di dalam atau pun di luar lingkungan perusahaan, jangan sampai mengakibatkan unsur-unsur di dalam perusahaan menjadi negatif dan dampaknya pun di luar menjadi negatif pula, semua keberlangsungan bisnis suatu perusahaan itu awal nya dari pengelolaan-pengelolaan di dalam perusahaan sehingga bisnis berjalan dengan lancar, dan aspek aspek di luar perusahaan menjadi lancar pula walaupun tidak terlalu mengacu pada pendekatan bisnis atau pun lingkungan asalkan bagaimana perusahaan tersebut mengelola bidang nya dengan sebaik-baiknya.

Jawaban Nomer 3 :

    Lingkungan extern perusahaan

Lingkungan extern Perusahaan merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya. Lingkungan extern perusahaan terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat. Sedangkan lingkungan intern perusahaan merupakan kekuatan social yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan intern perusahaan. Lingkungan intern perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

Dan contoh perusahaannya adalalah perusahaan yang berbidang di pembuat transportasi yaitu PT. Toyota (mobil). Seperti yang di atas yaitu lingkungan extern perusahaan tersebut bagaimana untuk melayani pelanggan nya yaitu dengan cara :

Pemasok

Pemasok membentuk hubungan penting dalam keseluruhan system penghantar nilai perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan.

 

Perantara Pemasaran

Perantara pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.

 

Pelanggan

Perusahaan harus mempelajari lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat:

  • Pasar Konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga yang membelibarang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
  • Pasar Bisnis membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
  • Pasar Penjual Perantara membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
  • Pasar Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
  • Pasar Internasional terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah

.

Pesaing

Konsep pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus memiliki strategi penawaran yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam pikiran konsumen.

 

Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya. Ada tujuh tipe masyarakat: Masyarakat keuangan, masyarakat media, masyarakat pemerintah, masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat local, masyarakat umum, masyarakat internal.

 

Lingkungan Demografis

Demografi adalah studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistic lain. Lingkungan demografi menjadi minat utama perusahaan karena lingkungan demografis menyangkut masyarakat, dan masyarakat membentuk pasar.

 

Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi adalah factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industry-menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.

 

Lingkungan Alam

Lingkungan alam memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.

.

Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi adalah kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru. Teknologi telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotic, pembedahan robotic, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, dan internet. Dengan adanya teknologi baru maka akan menciptakan pasar dan peluang baru.

 

Lingkungan Politik

Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan-perkembangan dalam lingkungan politik. Lingkungan politik terdiri dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi atau membatasi berbagai organisai dan individu di dalam masyarakat tertentu.

 

Lingkungan Budaya

Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. Manusia tumbuh dalam masyarakat tertentu yang membentuk keyakinan dan nilai dasarnya. Karakteristik budaya yang mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran adalah: Keteguhan pada nilai-nilai budaya dan perubahan dalam nilai budaya sekunder.


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s