MINGGU KE 4 DAN 5

PERTANYAAN :

  1. Sebut dan jelaskan kiat berwirausaha yang berhasil?
  2. Berikan masing-masing 3 contoh usaha franchising local dan asing intuk bidang pendidikan, kesehatan, jasa, makanan dan minuman?
  3. Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dan bisnis kecil?
  4. Buatlah 1 contoh denah / lay out misal : mall, rumah sakit (setiap kelompok berbeda)

 

Jawaban Nomer 1 :

Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar. Sehingga seorang wirausaha harus mempunyai karakteristik khusus yang melekat pada diri seorang wirausaha. Dan karateristik seorang wirausaha yang berhasil yaitu mempunyai sifat Kejujuran, tanggung jawab, menepati janji, disiplin, taat hukum, komitmen dan menghormati, mengejar prestasi, orientasi ke masa depan, percaya diri, kreatif dan inovatif, dan selalu berpikir positif. Dan kiat-kiat wirausaha agar berhasil adalah :

  1. Alasan

    Temukan alasan yang kuat mengapa anda ingin berwirausaha. Apakah karena susah cari pekerjaan, atau ingin merasakan menjadi seorang bos, bisa juga ingin mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Alasannya bisa apa saja, yang terpenting semakin kuat alasan anda untuk berwirusaha maka semakin fokus anda pada tujuan anda.

  2. 2. Keyakinan Yang Kuat

    Anda harus memiliki kepercayaan yang kuat dan positif. Contohnya : anda yakin bahwa anda bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses, atau wirausaha itu mudah asal kita tahu caranya. Keyakinan yang positif seperti itulah yang harus anda bangun. Jangan sampai yang negatif yang justru mendominasi pikiran anda. misalnya seperti : saya takut gagal, wirausaha itu perlu bakat, dll. Pikiran negatif seperti itu harus anda singkirkan jauh-jauh.

  3. Impian yang Jelas

    Anda harus memiliki impian yang jelas. Karena dengan impian itu anda akan termotivasi untuk meraihnya. Jangan takut untuk memiliki impian yang tinggi. Karena semakin tinggi impian anda tentunya akan memberikan daya dorong yang lebih besar pada diri anda. Akan tetapi tetap harus bersikap fleksibel dan jangan sampai impian anda sesuatu yang mustahil bisa dicapai.

  4. Penguasaan Ilmu (Belajar)

    Dalam memulai wirausaha kita dituntut untuk terus belajar dan memiliki pikiran yang terbuka. Kita bisa belajar dari buku, orang lain yang sudah menjalankan bisnis, ataupun dari seminar-seminar.

  5. Aksi

    Langkah inilah yang paling penting dalam berwirausaha. Karena tanpa aksi tidak akan ada yang terjadi. Hanya dengan aksi atau tindakanlah kita bisa semakin dekat dengan impian kita.

  6. Doa

    Langkah yang ke-6 adalah do’a. Karena bagaimanapun kerasnya usaha kita, tetap saja Tuhan jugalah yang menetukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berusaha.

     

Dan dari semua itu yang paling terpenting adalah Modal karena tanpa modal kita takan bisa memulai usaha apapun dari yang usaha kecil sampai usaha besar. Modal di sini diidentikkan dengan uang. Karena tak memiliki modal uang yang mencukupi, maka tak kunjung mulai usaha. Ya, saya tahu modal uang itu penting. Tapi ada banyak modal lain yang saya kira juga tak kalah penting seperti jaringan atau bahkan diri anda sendiri. Kejujuran, ketekunan dan sikap pantang menyerah yang anda miliki adalah modal besar untuk sukses berwirausaha. Banyak cerita juga bagaimana banyak wirausahawan sukses lahir bukan karena berlimpah-ruahnya modal uang, tapi modal sosial atau modal yang ada dalam dirinya. Kalau yang mau memulai usaha online, bisa dicoba bisnis afiliasi, seperti Afiliasi Mr Action Club dan Aset Virtual contohnya atau yang lainnya. Ini usaha yang tanpa modal uang. Tinggal promosi dan hasilkan komisi.

 

Jawaban Nomer 2:

Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Atau warlaba adalah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Waralaba luar negeri (asing), waralaba yang lebih cenderung disukai karena sistemnya yang jelas, merek sudah diterima diberbagai belahan dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Sedangkan Waralaba dalam negeri (lokal), juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki cukup pengetahuan piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

    
 

 

 

 

CONTOHNYA :

  • Bidang Pendidikan :


     



  • Bidang Kesehatan :

     


     

     


     


     

  • Bidang Jasa :

     

     


     


     


     

     

     

     

  • Bidang Makanan dan Minuman :

     


     


     


     

Jawaban Nomer 3 :

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya
dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut 
wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.Sedangkan bisnis kecil yaitu menurut :

  • Small Business Administration Amerika mengatakan, bisnis kecil adalah :
  • Sebuah pabrik/perusahaan yang dijalankan oleh beberapa orang karyawan,
  • Usaha toko eceran, perusahaan konstruksaasa dan lainrang dari $5.000/tahun,
  • Usaha grosir dengan jumlah penjualan kurang dari $200.000/tahun,

     

     

  • Commite For Economic Development mengemukakan, bisnis kecil :
  • Manajemennya dilakukan secara bebas, biasanya sipemilik langsung menjadi manager,
  • Modal berasal dari pemilik atau kelompoknya,
  • Daerah operasinya bersifat lokal dan si pemilik bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi,
  • Dalam hal usaha industri ukuran besar atau kecil sangatlah relatif, suatu bisnis dikatakan kecil apabila dibandingkan dengan usaha sejenis.

     

  • Ebert dan Griffin mengatakan:

    Bisnis kecil adalah usaha yang dimiliki dan dikelola secara bebas, bisnis kecil ini tidak mendominasi pasar. Bisnis kecil ini bukan merupakan bagian atau cabang dari perusahaan lain, yang menjalankannya adalah pemiliknya yang bekerja sesuai kesanggupannya.

Dari ketiga definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis kecil merupakan suatu usaha yang dijalankan oleh perorangan atau lebih, modal relatif kecil dan milik pribadi, dijalankan oleh pemiliknya sendiri serta pasar lokal yang menjadi target utama dari pasarnya.

 

 

 

Jawaban Nomer 4 :

 

  • Denah RSUD Depok :


 

  • Denah Mall Plaza Indonesia Jakarta :

     



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s