HUBUNGAN SEKTOR INDUSTRI dan PERDAGANGAN di INDONESIA

 

Pendahuluan

    Indonesia memiliki ekonomi berbasis-pasar di mana banyak investor-investor yang menanam saham di indonesia. Dengan penanaman saham ini perekonomian di indonesia berkembang secara pesat dan lebih baik. Ada pula bidang usaha yang bisa meningkatkan perekonomian indonesia contohnya agraris, industri, perdagangan, jasa dan lain-lain.

    Keempat contoh bidang usaha di atas memiliki hubungan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti pada bidang industri dan perdangan, Bidang industri menciptakan bahan baku yang di kelola menjadi berupa barang jadi lalu pada barang itu di perjual belikan pada sektor perdagangan. Mengikuti perkembangan zaman sektor industri pun terus menampakan perkembangan yang sangat pesat, banyak sektor-sektor industri yang menaikan perekonomian indonesia. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas satu pokok materi yaitu hubungan sektor industri dan perdagangan di Indonesia.

Isi

    Indonesia telah mengalami kemajuan yang mantap dalam penerapan reformasi perdagangan dan industri pada beberapa tahun terakhir dan hal itu merupakan salah satu dari beberapa faktor yang membantu berkembangnya penyerapan tenaga kerja di sektor industri dan perdagangan. Indonesia pun lebih beruntung dibanding negara-negara tetangganya dengan berhasil melewati krisis keuangan dunia secara relatif mulus. Hal ini memberikan kesempatan yang unik bagi Indonesia pasca krisis untuk meningkatkan penjualan dalam negeri dan pangsa pasar dunianya. Untuk meraih kesempatan ini sebaik-baiknya indonesia harus meningkatkan sektor yang bisa menaikan ekonomi indonesia, saya ambil contoh sektor industri dengan perdagangan karena sektor ini sangat besar keuntungan untuk menaikan ekonomi indonesia di dalam negeri maupun khusus nya luar negeri agar hubungan antar negara makin banyak mengakibatkan investor untuk menanam saham di indonesia pun semakin banyak bila pasar perdagangan dan industri di kita maju dan menggiurkan untuk di tingkatkan. contoh hubungan industri dengan perdagangan saya ambil contoh industri makanan dan minuman olahan, industri makanan dan olahan boleh dikatakan industri ini tidak pernah sepi karena selain mereka kebutuhan pokok, industri makanan dan minuman pun belum bisa digantikan oleh kebutuhan apapun yang bisa menjadi kebutuhan pokok sehari-hari kehidupan kita. Tidak hanya bahan makanan dasar yang dibutuhkan, bahan-bahan untuk campuran makanan olahan atau food ingredients pun kebutuhan nya terus mengalami peningkatan. Bahkan, sebagian barang-barang tersebut terpaksa di impor. Akibat nya pasar indonesia semakin banyak diincar oleh sejumlah pelaku usaha khususnya bisnis yang berhubungan industri dengan perdagangan termasuk pelaku usaha luar negri pun.

Penutup

    Perilaku konsumsi dan juga jumlah populasi penduduk yang besar pasti selalu menjadi sasaran yang empuk bagi para pengusaha dalam negeri maupun luar negeri. Dengan bertambahnya pengusaha-pengusaha untuk bersaing di sektor industri dan perdagangan, di indonesia pun dengan begitu banyak perusahaan-perusahaan baru yang bisa untuk mengurangi tingkat pengangguran di indonesia sendiri. Sektor ini pun boleh dikatakan sumber yang paling besar untuk pertumbuhan ekonomi di indonesia untuk sekarang ini, masih banyak lagi sektor industri dengan prdagangan contoh lain, mobil, motor bahkan mesin-mesin untuk pabrik yang dikelola menjadi bahan jadi dari bahan mentah melalui mesin-mesin tersebut. semua menjadi siklus dalam perusahaan industri dengan perdagangan dan di konsumsi oleh masyarakat. Dengan begitu tingkat kesejahteraan rakyat indonesia semakin menaik dan membaik.

 

DAFTAR PUSTAKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s