TEKANAN INFLASI MERENDAH DAN KEBIJAKAN BANK INDONESIA UNTUK PEREKONOMIAN INDONESIA

 

Pendahuluan

    Kita semua pasti berharap tingkat inflasi merendah dari tahun ke tahun ada penurunan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Namun itu semua tidak luput dari kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya bank indonesia dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan ekonomi indonesia. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas inflasi dan khusus untuk kebijakan bank indonesia dalam mengambil tidakan untuk menurunkan inflasi dengan tujuan meningkatkan ekonomi indonesia, khusus nya bank-bank yang ada di indonesia.

Untuk Evaluasi menyeluruh terhadap kinerja tahun 2012 dan prospek tahun 2013-2014 menunjukkan perekonomian Indonesia tumbuh cukup tinggi dengan inflasi yang tetap terkendali dan rendah. Kinerja tersebut tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah untuk menjaga stabilitas makro dan momentum pertumbuhan ekonomi nasional di tengah perlambatan ekonomi dunia.

Bank Indonesia juga akan memperkuat bauran kebijakan moneter dan makro prudensial serta mempererat koordinasi dengan Pemerintah untuk mengelola permintaan domestik agar sejalan dengan upaya menjaga keseimbangan eksternal, mencapai sasaran inflasi, dan kesinambungan pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Isi

    

    Di tengah pelemahan ekonomi global yang masih berlanjut, perekonomian Indonesia pada tahun 2012 masih tumbuh cukup kuat, terutama ditopang oleh permintaan domestik. Inflasi tetap terkendali pada level yang cukup rendah. Kondisi tersebut tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah dalam upaya menjaga momentum perekonomian, Kuatnya perekonomian domestik di tengah lemahnya ekonomi global menyebabkan meningkatnya defisit transaksi berjalan selama tahun 2012.

    Pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2012 tercatat lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, Berbagai permasalahan ekonomi dunia, seperti di Eropa maupun di Amerika Serikat yang mengakibatkan pemburukan ekonomi global yang telah terjadi baru-baru ini. Inflasi dunia selama tahun 2012 secara umum mengalami penurunan sejalan dengan perlambatan ekonomi dunia. Penurunan inflasi tersebut sejalan dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi global yang berdampak pada menurunnya harga komoditas. Namun untuk indonesia sendiri ada kemajuan di tingkat inflasi yaitu tekanan inflasi menurun dan dalam kebijakan bank indonesia sepanjang tahun 2013 ini inflasi diperkirakan akan ada di kisaran 5 persen. Pemerintah masih memiliki serangkaian kebijakan untuk meredam laju inflasi agar menjadi lebih turun lagi dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Akan tetapi Peningkatan produksi komoditas barang pokok yang bergejolak pada bulan ini membuat tekanan kepada inflasi aga menaik contoh nya bawang merah dan cabe.

    Perekonomian tahun 2013 masih tumbuh cukup tinggi apalagi konsumsi rumah tangga menaik, hal itu sangat penting karena dari konsumsi pun semua akan terlihat perekonomian indonesia akan menaik. beberapa lembaga survei menunjukkan penguatan mencapai titik tertinggi seperti neraca pembayaran indonesia dan nilai tukar rupiah. Kebijakan Bank Indonesia difokuskan pada upaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, namun untuk saat ini kebijakan di fokuskan untuk mengendalikan ekspektasi inflasi dan keseimbangan eksternal. Makanya sekarang di tahun 2013 inflasi diperkirakan akan meurun dari kebijakan bank indonesia pun mempengaruhi penurunan inflasi dan juga terutama kebijakan pemerintah.

 

Penutup

    Ke depan, kebijakan Bank Indonesia akan diarahkan untuk mengelola permintaan domestik agar sejalan dengan upaya untuk menjaga keseimbangan eksternal. Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan melalui lima pilar kebijakan. Pertama kebijakan suku bunga, kedua kebijakan nilai tukar, ketiga kebijakan makroprudensial, penguatan strategi komunikasi kebijakan dan yang terakhir penguatan koordinasi Bank Indonesia dan Pemerintah dalam mendukung pengelolaan ekonomi makro, khususnya dalam memperkuat struktur perekonomian, memperluas sumber pembiayaan ekonomi, penguatan respons sisi penawaran, serta pemantapan Protokol Manajemen Krisis (PMK).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s