Tugas Softskill 2 : Analisis Artikel

39 Orang Jadi Tersangka Kericuhan Final Piala Presiden di GBK

Liputan6.com, Jakarta – Laga final Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung kontra Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu kemarin berlangsung lancar. Namun sempat terjadi kericuhan. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah menetapkan 39 tersangka terkait kericuhan Piala Presiden 2015. 39 Orang itu diduga terlibat dalam sejumlah tindakan anarkisme selama persiapan dan pelaksanaan laga Persib versus Sriwijaya FC.

Dalam catatan kita ada 39 orang (tersangka) hasil selama 3 hari operasi. Polda Metro melakukan penahanan karena terbukti membawa senjata tajam, molotov, dan narkoba,” ujar Tito saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (19/10/2015). Tito menegaskan, tidak ada anak di bawah umur yang ditahan terkait kericuhan saat final Piala Presiden 2015. Sementara Polda Metro Jaya telah memulangkan sekitar 2 ribu orang yang diperiksa terkait insiden selama persiapan dan pertandingan laga puncak itu.

Yang lainnya setelah kita identifikasi, inter‎view, foto dan lain-lain sudah kita lepaskan karena cuma memenuhi 1 alat bukti saja. Kita perlakukan baik mereka. Umumnya kita panggil orangtua mereka untuk jemput dan jamin mereka, termasuk tandatangan surat,” terang Tito. “Jangan sampai mereka sudah dilepas kemudian tidak pulang dan dikira diculik lagi. Dan kita minta para orangtua agar lebih mengawasi anaknya lagi, jangan sampai mudah terprovokasi,” tambah dia.

Mantan Kapolda Papua ini menuturkan, ribuan massa yang diamankan ‎jelang hingga pelaksanaan final Piala Presiden itu, rata-rata remaja. Mereka mengaku terpengaruh informasi-informasi provokatif yang beredar di sosial media.”Polda sedang tangani ini di jajaran Dit Intel, Reskrimum, dan Reskrimsus. Kita dalami apakah mereka ada koneksi satu sama lain atau spontan saja,” tutur Tito.(Rmn/Ans)

Dari artikel di atas, dapat dianalisis bahwa:

Artikel diatas merupakan jenis paragraf narasi dan deskriptif.

Menentukan paragraf dedukatif dan paragraf induktif dari masing-masing paragraf:

Paragraf 1 merupakan paragraf induktif : “39 Orang itu diduga terlibat dalam sejumlah tindakan anarkisme selama persiapan dan pelaksanaan laga Persib versus Sriwijaya FC.”

Paragraf 2 merupakan paragraf deduktif : “Dalam catatan kita ada 39 orang (tersangka) hasil selama 3 hari operasi.”

Paragraf 3 merupakan paragraf dedukatif : “Yang lainnya setelah kita identifikasi, inter‎view, foto dan lain-lain sudah kita lepaskan karena cuma memenuhi 1 alat bukti saja.”

Paragraf 4 merupakan paragraf dedukatif : “Mantan Kapolda Papua ini menuturkan, ribuan massa yang diamankan ‎jelang hingga pelaksanaan final Piala Presiden itu, rata-rata remaja.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s